Faktor Penting Tinggi Badan Anak

Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan anak. Faktor genetik adalah elemen dasar penentu tinggi badan seseorang. Anak akan mencapai tinggi badan sesuai dengan gen penentu tinggi badan yang diwarisi dari orang tuanya. Jika orang tuanya memiliki perawakan tinggi, secara genetis tentu anak cenderung memiliki perawakan yang tinggi pula. Sebaliknya, jika orang tua berperawakan pendek, anak cenderung memiliki perawakan yang pendek pula.

Namun, bukan berarti, orang tua yang memiliki perawakan pendek otomatis akan memiliki anak yang pendek pula! Tidak jarang kita menjumpai anak yang lebih tinggi dari orang tuanya. Ini bisa saja terjadi, karena dari kedua orang tua kita mengenal konsep Potensi Tinggi Genetik. Artinya, seorang anak yang dilahirkan berpotensi atau akan mencapai tinggi dewasa tertentu yang berada dalam suatu rentang tertentu.

suplemen peninggi badan alami dan aman


Faktor-faktor penentu lain adalah sebagai berikut:

Faktor Gizi
Anak yang memiliki perawakan tinggi, berarti mendapatkan gizi yang baik sejak masih dalam kandungan. Sebaliknya, anak yang pendek dan kurus berarti menderita kurang gizi dan mengalami gangguan kesehatan sejak masih dalam kandungan dan dalam masa tumbuh kembangnya.

Beberapa zat gizi penting, seperti protein, lemak, vitamin (seperti vitamin A dan D) dan mineral (seperti zat besi, kalsium, seng dan yodium) turut membantu, baik langsung maupun tidak langsung, dalam proses pertumbuhan anak. Jadi, pastikan Anda cukup gizi selama hamil, dan perhatikan asupan gizi si kecil selama dalam proses tumbuh kembangnya.

Faktor Hormonal
Beberapa jenis hormon yang berperan penting dalam proses pertumbuhan tinggi dan berat seorang anak, antara lain, adalah hormon pertumbuhan ( growth hormone ), hormon tiroid dan hormon seks.

Hormon pertumbuhan berfungsi penting bagi pertumbuhan tulang. Hormon tiroid dibutuhkan untuk membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh. Sedangkan hormon seks, yang terdiri dari hormon estrogen, progesteron dan androgen, bertugas dalam proses pematangan seksual.

Faktor gaya hidup sehat
Antara lain, imunisasi, kasih sayang yang cukup dan kebutuhan ekonomi. Imunisasi penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan fisiknya. Sedangkan kurangnya kasih sayang dapat berdampak pada hilangnya nafsu makan pada anak. Begitu juga, kurangnya kebutuhan ekonomi tentu akan berdampak pada ketersediaan pangan yang mengandung gizi seimbang.

source: ayahbunda.co.id

Anda Memerlukan Suplemen Kalsium, Zinc dan Protein terbaik?

PENINGGI BADAN TIENS