Kapan sih waktu terbaik untuk konsumsi suplemen?

Pertanyaan yang cukup membingungkan dan jawabannya sangat bervariasi, ada yang menyebutkan pemenuhan nutrisi harus dipagi hari, ada juga yang menyebutkan harus malam sebelum tidur agar diserap tubuh.

Boleh dikatakan tubuh kita ini ajaib, tubuh akan selalu menyerap vitamin, mineral, makro nutrisi yang kita konsumsi kapan saja. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan waktu dipagi hari diperlukan karena sebagai sumber energi selama aktifitas kita satu hari.



Istilah Sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang tak punya itu boleh dikatakan tepat adanya. Namun, perlu diperhatikan asupan makanan yang sehat. Perhatikan asupan gula agar tidak terjadi lonjakan insulin kemudian kadar gula darah akan menjadi rendah, membuat Anda menjadi lapar lagi. Akibatnya, bisa saja Anda konsumsi lagi makanan yang ujung-ujungnya menyebabkan obesitas atau kegemukan pintu masuk ke penyakit berbahaya berikutnya.

Jadi konsumsi suplemen nutrisi bisa dilakukan kapan saja, namun melihat aktifitas kita tinggi dipagi hari, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsinya pagi hari. Berikut tips penting agar nutrisi bisa diserap tubuh lebih maksimum.
  • Makan terlebih dahulu sebelum konsumsi vitamin untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh.
  • Pil zat besi berdampak keras bagi perut, sangat disarankan sesudah makan.
  • Saat ini, vitamin E kebanyakan bersalut lemak. Untuk memperoleh manfaat lebih besar, konsumsilah bersama cairan berlemak seperti segelas susu.
  • Lebih baik mengonsumsi kalsium berdosis 300 mg atau kurang, dibandingkan dengan mengasup kalsium dalam jumlah besar sekaligus. Ada baiknya menambah dosis 10 persen jika mengonsumsi kalsium bersama makanan atau biji-bijian karena bisa menahan proses penyerapan oleh tubuh.